This awesome blogger theme comes under a Creative Commons license. They are free of charge to use as a theme for your blog and you can make changes to the templates to suit your needs.
RSS

LANGKAH-LANGKAH MERAKIT PC:

  1. Apabila motherboard simpan ditempat yang aman lalu persiapkan pralatan dan buku manual dari masing- masing komponen pc Baud Motherboard dengan papan casing agar lebih kuat dan aman.
  2. Pasang prcccesor pada tempatnya dan perhatikan tanda pada soketnya apabila kurang hati-hati atau terbalik memasangnya ini bisa berakibat patal dan apabila ragu-ragu sebaiknya pada waktu membeli mutherboard anda, tanyakan pada penjualnya kemudian pasanglah Pan pendingin diatasnya.
  3. Pasang memori RAM pada tempatnya dengan baik dan perhatikan sudut memori secara hati-hati karna kalau terbalik memori akan sulit dimasukan.
  4. Masukan Metherboard kedalam casing.untuk menghindari perngeseran metherboard pada waktu memindahkan CPU sebaiknya hati-hati memasang metherboard pada casing karena bentuknya tipis dan memiliki rangkaian elektronik yang rumit.
  5. Pasang kabel Catu daya Motherbord yang ada pada power suplay (biasanya ditulis p8 dan p9)
  6. Pasang Hard disk, floppy drive pada tempatnya, kencangkan dudukannya dengan baud secara hati-hati, bila ada CD-ROM Drive pasanglah juga secara hati-hati dan kencangkan dengan baud, perlu diperhatikan untuk CD ROM dan Hard disk jumper dipasang dengan benar,karena akan mengidentipikasi sebagai master atau slve, karena jika salah hardisk atau CD ROM tidak akan terdeteksi.
  7. Sambungka kabel dari power supplay yang terdapat dihard disk, floppy disk dan CD ROM Drive. Perhatikan sudut konektor pelastik pada kabel tersebut.apabila Floppy Drive atau CD ROM memasang konektornya terbalik maka pada saat memasukan akan sedikit sulit.
  8. Sambungkan kabel data pada dudukan Hard Disk, Flppoy drive dan CD ROM drive. Kabel ini berfungsi untuk menghubungkan peralatan tersebut ke motherboard.
  9. Sambungkan kabel Floppy drive keslot untuk Flopy drive, sambungkan kabel dari Hard disk ke slot IDE no 1, dan IDE no 2 ke CD ROM.
  10. Pasang VGA Card pada slotnya, tetapi jika VGA Onboard, tinggal mengatur dalam Bios.
  11. pasang Expansion Card tambahkan pada PCI/ISA. Dapat berupa lancard, Soun card, Tv tunner card, vidio capture dll. Setelah itu kencangkan dengan baud dengan dudukan casing PC.
  12. Hubungkan konektor kabel penghubung tombol “Reset” yang terdapat pada motherboard. Hubungkan konektor kabel penghubung speker ke pin bertuliskan speker yang terdapat pada motherboard dengan kode LS. Casing sudah dilengkapi kabel. Lampu indikator berikut kabel penghubungnya
  13. pasang kabel data dari motherboard keslot yang terdapat di Card VGA
  14. pasang konektor keyboard keslot keyboard yang ada dimotherboard dan perangkat yang lain.
  15. pasan power supply dari layar monitor ke slot power yang terdapat di bagian belakang power supply yang telah terpasang pada casing CPU. Bila tidak cocok konektornya anda dapat memasang kabel konektor tsb kejala-jala listrik rumah anda.

Setelah selesai merakit kita harus mengatur program Bios dan memasang program SO dan program Aplikasi kedalam Hard Disk.

Sebelum mengatur program Bios, kita perlu mengecek kembali langkah-langkah yang kita lakukan tadi. Perhatikan posisi jumpernya demikian pula processor dan RAM serta kabel-kabel penghubung Hard Disk, Floppy drive dan CD ROM drive. Apabila sudah yakin benar dan sudah selesai seperti yang tercantum dalam manual pabrik dari setiap peralatan tadi, anda bisa melakukan peraturan program bios.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar