This awesome blogger theme comes under a Creative Commons license. They are free of charge to use as a theme for your blog and you can make changes to the templates to suit your needs.
RSS

INTERNET

INTERNET berasal dari kata internasional yaitu jaringan yang sangat besar yang terdiri dari jaringan-jaringan kecil yang dioprasikan oleh perusahaan lembagaatau komunitas termasuk komputetr-komputer pridadi. Jaringan yang terdiri dari sejumlah komputer ini saling terhubung satu sama lain dan menjangkau seluruh dunia. Oleh karena itu internet dapat diakses oleh siapa saja, kapan saja dan dimana saja.

Internet berawal dari penelitian yang diperkaasai oleh “ ADVANCED” RESEARCEH PROJECTAGENCY (ARPA) Yaitu litbang dari departemen AS. Sekitar tahun 1970an.

A. PERANGKAT KERAS UNTUK MENGAKSES INTERNET DENGAN SISTEM “DILUP”

1. Seperangkat Komputer Terdiri dari :

a) Monitor

b) CPU

c) Perangkat periperal (keyboard, mouse dan kartu jaringan/NIC)

2. Modem (Modulator Demodelator)

Modem berfungsi menerjemahkan data atau informasi dalam bentuk singal digital menjadi singal anolog.agar singal dapat dikirimkan melalui kabel telepon analog, sedangakan pada saat kalian menerima data atau informasi dari internet, modem berfungsi untuk memisahkan data dari singal kabel telepon.dan menterjemahkan data/informasi sinyal analog menjadi singal digital dengan mekanisme ini, Kecepatan Modem ialah melakukan transper data dan informasi diukur dengan satuan Bitper Detik (bit per con-Lps).

3. Public Switehed Telephone NETWORK (PSTN)

Merupakan jaringan telepon dari reusahaan jasa Telkomunikasi yang ada disekolah atau dirumah. Melalui GZABEL telepon yang terhubung ke modem, maka kalian dapat mengirimkan data dan informasi seperti kalau kalian menelepon seseorang.

4. Internet Servic PROVIDER (ISP)

Merupakan penyedia layanan akses internet. untuk dapat terhubung ke internet, kalian harus mendaftarkan diri menjadi pelanggan sebuah ISP, seperti indonet,telkomnet, dsb.adapun perangkat yang di gunakan oleh ISP untuk menghubungkan ke internet terdiri dari :

a) Modem

b) Firewall

Merupakan perangkat yang berisi sekumpulan program yang digunakan untuk menyerang virus atau mencegah terjadinya akses dari kalian yang belum mendaftarkan ISP tsb.

c) Router

Merupakan perangkat yang digunakan untuk menghubungkan jaringn yang satu dengan jaringan yang lain dan mencarikan rute yang akan di lew ati oleh data atau informasi yang dikirim dari jaringan yang satu ke jaringan yang lain.

B. PERANGKAT KERAS UNTUK MENGAKSES INTERNET DENGAN SISTEM LEASED LINE.

Selain menggunakan cara dial UP, kita juga dapat menghubungkan ke ISP dengan menggunakan Leased Line. Perbedaannya hanya pada fungsi kabel telepon yang hanya menggunakan secara khusus untuk menghubungkan ke ISP, sehingga kabel itu tidak apat digunakan untuk keperluan komputr atau mengirimkan pesan lewat mesin faksi mili, untuk mendapatkan layanan Lased Line. Kita harus mendaftarkan dulu ke perusahaan Telkomunikasi setempat.

Hubungan dengan menggunakan cara Leased Line dikelompokan sebagai hubungan yang tepat karena kalian dapat terhubung ke ISP yang memberikan akses internet 24 jam sehari kecepatan akses internet dengan dengn cara Leased Line ini dapat diatur mulai dari 32 kbps,64 kbps, 128 kbps, dsb. Semakin besar kecepatan aksesnya, maka biaya yang dikeluarkan juga semakin besar.

C. PERANGKAT KERAS UNTUK MENGAKSES INTERNET DENGAN SISTEM NIRKABEL

Teknologi ini diciptakan untuk mengatasi kerumitan lalu lintas kabel yang sangat padat atau daerah-daerah tertentu yang sangat sulit untuk dipasangi kabel dengan teknologi nirkabel ini juga dapat mengatasi kesulitannya yang dialami perusahaan Telkomunikasi dalam menyediakan sistem Leased Line karena jumlahnya sangat terbatas.

Teknologi nirkabel pad umumnya menggunakangelombag radio untuk mentransmisi data dan informasinya gelombang yang umum digunakan di indonesia berada pada frekuensi 2,46 HZ dan 5,6 GHZ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar